Senin, 04 Maret 2013

LAPORAN PRAKTEK KERJA PERPUSTAKAAN
DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS TARBIYAH
IAIN RADEN INTAN LAMPUNG

BAB I
PENDAHULUAN

  1.1  Latar Belakang
Perpustakaan sebagai salah satu sumber pusat informasi memegang peranan penting dalam menyebarkan informasi dan ilmu pengetahuan. Agar perpustakaan dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka dibutuhkan tenaga pengelola perpustakaan atau pustakawan yang handal dan professional. Apalagi diera modernisasi dan globalisasi sekarang ini arus perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan juga arus penyebaran informasi komunikasi sangatlah pesat sehingga membawa pengaruh  terhadap peran perpustakaan sebagai salah satu sumber informasi dan ilmu pengetahuan bagi para pengguna perpustakaan.Sejalan dengan hal tersebut maka banyak pengetahuan baru yang bermunculan sebagai akibat perkembangan pengetahuan dalam bidang ilmu dan pendidikan. Perpustakaan  merupakan  salah satu sumber pusat informasi yang sangat penting karena diperpustakaan semua informasi dihimpun, diolah dan kemudian disebarluaskan kepada masyarakat. Perpustakaan sebagai sumber pusat informasi membutuhkan tenaga pustakawan yang professional sehingga mampu mengelola perpustakaan dengan baik, mampu menyaring, menghimpun dan menyebarluaskan informasi dengan tepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Bertolak dari hal tersebut dibutuhkan pendidikan ataupun pelatihan bagi para calon pustakawan secara nyata sehingga dihasilkan pustakawan – pustakawan yang professional. Salah satu cara pelatihan nyata bagi para calon pustakawan adalah dengan melaksanakan praktek kerja perpustakaan. Dengan melaksanakan praktek kerja perpustakaan para calon pustakawan mengerti pekerjaan pustakawan bukan hanya melalui teori dan para calon pustakawan mengerti permasalahan – permasalahan yang ada pada perpustakaan sehingga diharapkan suatu saat akan mampu menemukan jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada karena telah memiliki pengalaman dan bimbingan dari para pustakawan professional.
Perpustakaan adalah sebuah ruang, bagian dari gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual (Sulistyo Basuki, 1993:3).
Kebutuhan informasi pengguna perpustakaan yang beragam mengakibatkan munculnya berbagai jenis perpustakaan. Menurut UU RI NO 43 tahun 2007, jenis-jenis perpustakaan terdiri atas: Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Umum, Perpustakaan Sekolah/Madrasah, Perpustakaan Perguruan Tinggi, dan Perpustakaan Khusus.
Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Bandar Lampung termasuk dalam kelompok jenis Perpustakaan Perguruan Tinggi. Pengertian perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang ada pada perguruan tinggi, badan bawahannya, maupun lembaga yang berafiliasi dengan perguruan tinngi dengan tujuan utama membantu perguruan tinngi mencapai tujuannya (Sulistyo Basuki, 1991:51). Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan memiki koleksi yang cukup lengkap dan dikelola oleh tenaga pustakawan yang professional sehingga merupakan tempat yang tepat untuk melaksanakan Praktek Kerja Perpustakaan ( PKP )  bagi para calon pustakawan yang ingin menimba ilmu perpustakaan secara nyata.

1.2  Tujuan dan kegunaan Praktek Kerja Perpustakaan
1.2.1 Tujuan
Maksud dan tujuan Praktek Kerja Perpustakaan adalah sebagai berikut:
1.    Supaya lulusan DII Perpustakaan Universitas Terbuka mendapatkan pengalaman 
        langsung setelah praktek dan tidak hanya belajar dai modul saja.
2.    Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dalam    
        mengidentifikasikan masalah.
3.    Setelah praktek, mahasiswa diharapkan mampu mengatasi segala kendala pada waktu kerja nanti.




1.1.2  Kegunaan
Praktek Kerja ini dapat berguna baik secara praktis maupun teoritis, yakni :
1. Secara akademik Praktek Kerja Perpustakaan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi             dalam meningkatkan pelayanan dan pengelolaan perpustakaan  terutama  dapat diterapkan di  perpustakaan   peserta Praktek Kerja Perpustakaan bertugas.
2 Secara praktis Praktek Kerja Perpustakaan ini dapat berguna untuk dijadikan bahan pertimbangan bagi peserta Praktek Kerja Lapangan dalam mengetahui kelebihan dan kelemahan dalam mengelola perpustakaan.
3 Secara teori peserta Praktek Kerja Perpustakaan ini dapat melihat kepuasan pengguna  perpustakaan terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas perpustakaan di  tempat Praktek Kerja Perpustakaan.

1.3  Sistematika
Dalam penulisan laporan ini disajikan 4 bab yang masing-masing bab terdiri dari sistematika sebagai berikut:
BAB I    :    Pendahuluan mancakup latar belakang, tujuan dan sistematika
BAB II   :    Keadaan perpusatakaan yang terdiri dari, sejarah berdirinya, gedung, ruang dan perlengkapan, 
                   visi dan misi,peraturan, koleksi,  tenaga, peraturan perpustakaan, dana, dan layanan 
                   perpustakaan
BAB III :    Masalah dan pemecahannya
BAB IV :    Penutup terdiri dari kesimpulan dan saran










BAB II
KEADAAN PERPUSTAKAAN

2.1    Sejarah
Secara khusus tak ada catatan tersendiri mengenai sejarah berdirinya Perpustakaan Fakultas Tarbiyah  IAIN Raden Intan. Beberapa sumber dari pengelola Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan mengatakan bahwa berdirinya Perpustakaan Fakultas Tarbiyah  sejalan dengan berdirinya Fakultas Tarbiyah karena Fakultas Tarbiyah adalah Fakultas pertama yang ada di IAIN Raden Intan Lampung dan sejak ada Fakultas Tarbiyah ini maka sudah ada pula perpustakaannya.  Sebelum berdirinya  IAIN Raden Intan Bandar Lampung, telah berdiri terlebih dahulu Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung (YKIL) pada tahun 1961 di Teluk Betung Pada tahun 1963, pihak Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung mengadakan musyawarah dengan Para Ulama Lampung dan dengan aparat Pemerintah Daerah, yang intinya adalah sarana dan prasarana pendidikan tinggi agama Islam bagi masyarakat. Dari musyawarah tersebut kemudian dihasilkan suatu kesepakatan untuk mendirikan dua Fakultas  yaitu Fakultas Tarbiyah dan Fakultas  Syari’ah.
Pada saat itu sarana dan prasarana pendidikan masih sangat terbatas. Tempat perkuliahan pernah memakai gedung Fakultas Hukum cabang UNSRI di Teluk Betung dan di Masjid Al-Fur’qon Lungsir Teluk Betung. Setelah itu kemudian para inisiator melakukan upaya-upaya agar status kedua fakultas tersebut berubah dari swasta ke negeri. Upaya tersebut membuahkan hasil sehingga pada tanggal 13 Oktober 1964 terbitlah surat Keputusan Menteri Agama R.I. No. 86 /1964 ang isiynya perubahan status Fakultas Tarbiyah Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung ( YKIL) menjadi Instansi Pemerintah (Negeri) yaitu : sebagai cabang Fakultas Tarbiyah  IAIN Raden Fattah Palembang di Teluk Betung. Sementara Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung masih membina Fakultas Syari’ah.
Pada saat itu masih berlaku aturan yang mempersyaratan berdirinya  sebuah al –Jami’ah (IAIN), yaitu sekurang-kurangnya  memiliki  tiga fakultas,  untuk memenuhi persyaratan tersebut maka pada Tahun 1965 Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung mendirikan satu fakultas lagi yaitu Fakultas Ushuluddin dengan menunjuk K.H. Zakaria Nawawi sebagai Dekan. Ketiga Fakultas tersebut mengambil tempat di Masjid Al-Fur’qon.
Pada Tahun 1966 Pemerintah Daerah menyerahkan Gedung Ex Sekolah Cina di jalan Kartini  untuk kegiatan perkuliahan Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syari’ah  dan Ushuluddin dan sejak saat itu kegiatan ketiga Fakultas tersebut dialihkan  dari Masjid Al-Fur’qon ke Gedung Ex sekolah Cina di jalan Kartini (Kaliawi).
Dengan memperhatikan aktivitas Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung sudah merasa banyak, maka untuk menyantuni ketiga fakultas tersebut perlu ada yayasan Khusus yang menangani. Kemudian pada tahun 1966 itu juga atas putusan rapat Pengurus Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung maka terbentuklah Yayasan Perguruan  Tinggi Islam (YAPERTI) Lampung. Berdasarkan surat  keputusan Menteri Agama No. 187/68 tanggal  26 Oktober  1968 berdirilah  satu Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) di Lampung dengan Nama ” IAIN al-Jami’ah, Al- Islamiyah,  Al-Hukumiyah Raden Intan Lampung”dan terletak di Jln.Let.Kol.H.Endro Suratmin Sukarame 1 Bandar Lampung, Lampung.

 2.2  Gedung, Ruang dan Perlengkapannya
2.2.1 Gedung
Letak gedung perpustakaan Tarbiyah terletak di kampus Universitas IAIN Raden Intan Bandar Lampung di jalan ;Let.Kol.H.Endro Suratmin sukarame 1 Bandar Lampung,Lampung Telp.(0721)730260
Luas perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN L = 9 M, P = 30 M.Di lantai 2 (Dua)

2.2.2 Ruang Perpustakaan Tarbiyah yang terletak di lantai 2 di salah satu gedung di lingkungan Fakultas Tarbiyah hanya memiliki satu ruangan yang meliputi bagian :
1. Kepala perpustakaan
2. Pengadaan bahan pustaka
3. Pengolahan bahan pustaka
4. Sirkulasi
5. Skripsi
6. Perawatan
7. Referensi, majalah dan jurnal
8. Cadangan atau buku tendon

2.2.3 Perlengkapan
Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung memiliki berbagai perlengkapan. Untuk bagian pengadaan perlengkapannya antara lain, stempel inventaris, stempel perpus, buku/skripsi ke pengolahan. Bagian pengolahan ada stempel seperti: stempel milik perpus fakultas tarbiyah. Bagian perbaikan yang begitu cukup membutuhkan alat banyak, di sini tersedia banyak alat yang digunakan untuk perbaikan baik penggantian halaman yang hilang maupun penjilidan. Perpustakaan Fakultas Tarbiyah dilengkapi pula dengan perabot seperti rak buku, almari, meja, kursi , kipas angin, AC , dan satu buah unit computer yang selama  penulis praktek dalam keadaan rusak.

2.3 Visi  Misi dan Tujuan Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden  Intan Lampung
2.3.1 Visi :
Menjadi perpustakaan yang unggul dengan vasilitas yang lengkap, modern,dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada pemakainya dengan berbasis tekhnologi ,informasi ,dan komunikasi.

2.3.2 Misi:
  • Mendukung kurikulum IAIN Raden Intan Lampung dengan melakukan kerjasama dengan fakultas dalam  pengadaan buku/sumber informasi terbaru dan berorientasi pada kebutuhan pemakai dengan dan kuantitasnya sehingga program yg di laksanakan dapat berlangsung dengan efektif.
  • Mengijinkan pengguna tekhnologi, informasi, dan komunikasi di Perpustakaan Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung 
  • Mengembangkan dan berpartisipasi secara aktif dalam jaringan kerjasama  dengan Perpustakaan Perguruan Tinggi lain,Lembaga dan pusat  dokumentasi  yang sesuai dengan IAIN Raden Intan Lampung baik   yang  berada di local, nasional, maupun internasional.

2.3.3 Tujuan:
  •   Memperkaya pengetahuan yang relevandengan mahasiswa,dosen atau peneliti.
  •   Meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa dan dosen atau peneliti
  •   Menyampaikan informasiyang bermanfaat kepada seluruh akademika dan masyarakat umum.

2.3.4 Fungsi di dirikan Perpustakaan fakultas Tarbiyah :
  •    Menjadi pusat layanan dan sumbu informasi untuk program pendidikan dan   pengajaran.
  •     Pusat layanan informasi dan sumbu informasi untuk program penelitian
  •     Pusat layanan informasi dan sumbu informasi untuk program pengabdian kepada ,masyarakat.
  •     Pusat rekreasi bagi akademika Perguruan Tinggi.

2.4 Koleksi
2.4.1 Pengadaan Bahan Pustaka
Koordinator pengadaan bahan pustaka berkordinasi dengan kepala perpustakaan untuk membuat angket pengadaan koleksi kejajaran fakultas. Menyelesaikan dan memesan koleksi melalui proyek pengembangan perguruan tinggi (P2T). Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung dalam kegiatan pengadaan bahan pustaka didapat dari dua sumber yaitu pembelian dan hadiah.Hadiah lebih banyak berasal dari mahasiswa yang sudah selesai kuliah baik secara pribadi maupun kelompok. Untuk pembelian bahan pustaka dieroleh dari proyek pengembangan perguruan tinggi dan dari DUE proyek. Sebelum melakukan pembelian, bagian pengadaan sebelumnya mengirimkan daftar buku yang akan dibeli keseluruh fakultas. Setelah daftar tersebut diterima kembali maka judul diseleksi kembali oleh bagian pengadaan bahan pustaka. Setelah diseleksi kemudian dibuatkan daftar usulan pembelian dan diajukan kepada Kepala Perpustakaan. Selanjutnya adalah pembelian bahan pustaka.
Kegiatan bagian pengadaan antara lain:
a) Memeriksa secara seksama bahan pustaka yang diterima apakah dalam  kondisi yang baikdan ditak cacat, apabila dalam keadaan baik, maka koleksi tersebut diberi tanda cap perpustakaan
b)  Didafar pada buku induk.
c)  Pemberian cap inventaris pada halaman buku.
d)  Pemberian nomor inventaris pada koleksi.
e)  Kirim ke bagian pengolahan.

      2.4.2 Pengolahan Bahan Pustaka
Agar para pengguna dapat dengan mudah,  cepat dan tepat dalam penelusuran informasi yang dibutuhkan, maka koleksi yang ada di perpustakaan harus dikelola dengan baik. Yang dimaksud dengan pengolahan bahan pustaka yaitu kegiatan atau memproses bahan pustaka yang diterima baik dari pembelian maupun hadiah sehingga siap disajikan untuk pengguna.

2.4.3 Pra Katalogisasi
Prakatalogisasi  merupakan kegiatan yang dilakukan sebelum prosses deskripsi katalogisasi bahan pustaka yang meliputi:
1.  Penerimaan bahan pustaka dari pengadaan.
2.  Cek atau periksa dengan bukti penerimaan atau dftar buku
     a)  Jika cocok, tanda tangani bukti penerimaan
     b)  Jika tidak cocok, dicek ulang dandiselesaikandengan bagian
           pengadaan
     c)  Susun bahan pustaka di rak menurut jenis bahan pustaka
     d)  Arsipkan bukti penerimaan buku dan daftar buku




 2.4.4 Cap stempel perpustakaan
            a)  Cap Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung bulat
            b)  Cap perpustakaan dilakukan pada
               1. Halam judul buku dengan cara:
  •  Tempat yang tidak ada teks/tulisannya
  •   Sebaiknya pada posisi tengah atau atas
  •  Tidak boleh terbalik atau miring
  •  Tinta tidak boleh terlalu tebal dan basah
  •   Permukaan buku harus rata.
               2. Halaman buku tertentu secara rahasia

2.4.5 Cap Milik Perpustakaan
Cap ini ada bebrapa ukuran. Lakukan pengecapan sesuai tebal tipisnya bahan pustaka. Yang perlu dicap yaitu, pada halaman judul buku tengah dan atas dan jangan mengenai tulisan,dan juga pada pinggir (bibir) atas bawah dan samping, lakukan dengan hati-hati agar capnya nyata dan terbaca dengan jelas.

2.4.7 Katalogisasi
Kegiatan yang dilakukan dalam katalogisai ini meliputi:
1.Menetukan tajuk subyek/topic berdasarkan buku Pedoman dafatar Tajuk 
   Subyek terbitan  Perpustakaan Nasional atau Searls List.
2. Menetukan nomor Klasifikasi berdasarkan DDC edisi 20
3. Menetukan tajuk entri utama dan tambahan
4. Menetukan deskripsi katalogisasi meliputi: judul dan penanggung jawab 
   pengarang, edisi, penerbit, deskripsi fisik, dan catatn umum ISBN.
Apakah buku yang bersangkuatan sudah ada/dimilki oleh perpustakaan atau belum
1. Jika sudah ada, periksalah judul, edisi, penerbit, dan seterusnya secara teliti
2. Tentukan subyek. Berpedomaan pada daftar tajuk subyek atau sealrs list
3. Tentukan nomor klasifikasi berdasarkan pada DDC
4. Tentukan tajuk entri utama, tajuk entri tambahan sesuai AACR-2
5. Isi form lembar kerja deskrips di blibliografi
6. Periksa ulang hingga benar, jika salah perbaiki lagi sampai benar
7.  Entri data blibliografi ke computer dengan program Dynix
8.  Pasang barcode
9.  Scan barcode ke computer
10.Holding dengan mengisi: jenis koleksi, copy, status, sumber buku
11.Pisahkan lembar kerja dengan bahan pustaka
12.Lembar kerja diarsipkan
13.Buku dipasang lebel, slip tanggal kembali, pita magnetik
14.Simpan bahan pustaka di rak
15.Scan barcode yang telah selesai diolah, jika ada keslahan cepat perbaiki
16.Menyunting data blibliografi dengan cara save blibliografi dalam file bib
17.Menyusun data blibliografi dengan program words
18.Edit data blibliografi
19.Mencetak data blibliografi tiga rangkap
20.Kirim buku beserta tanda bukti pengiriman dan blibliografinya
21.Arsipkan blibliografi satu eksemplar beserta bukti pengiriman
22.Kirim atau sebarluaskan blibliografi ke fakultas

Koleksi Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung berasal dari pembelian, hadiah, tukar menukar, dan titipan. Jenis dan jumlah koleksi Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung dapat dilihat ditabel di bawah ini.
Tabel jumlah koleksi perpustakaan di tahun 2013
NO    KLS    KELOMPOK ILMU               EKSEMPLAR
1    000    KARYA UMUM                                   1.112
2    100    FILSAFAT                                               750
3    200    AGAMA                                               3.650
4    300    IPS                                                       2.095
5    400    BAHASA                                                984
6    500    IPA/MURNI                                            575
7    600    PRAKTIS/TEKNOLOGI                        587
8    700    KESENIAN/HIBURAN/OLAH RG          -   
9    800    KESUSSASTERAAN                             647   
10  900    SEJARAH,BIOGRAFI, ILMU BM      1.045   
                SKRIPSI                                               7.500   
                JUMLAH                                            18.945

2.4  Struktur Organisasi
Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis yang ada di IAIN (Institut Agama Islam Negeri) dan bertanggung jawab langsung kepda Rektor. Pembinaan sehari-harinya dilakukan oleh Pembantu Rektor I. perpustakaan dipimpin oleh seorang kepala yang dipilih oleh Rektor yang dianggap mempunyai kemampuan yang cukup sesuai dengan UU Perpustakaan No Tahun 2007 dan diangkat melalui Surat Keputusan Rektor.

Dalam struktur organisasi tersebut bahwa Kepala Perpustakaan bertanggung jawab kepada Pembantu Rektor I Bagian Tata Usaha bertanggung jawab kepada Kepala Perpustakaan. Bagian pengadaan, pengolahan dan bagian pelayanan bertanggung jawab kepada Kepala Perpustakaan.

Bentuk-bentuk organisai Perpurtakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung terdiri dari :
      a)   Unsur Pimpinan                       : Kepala Perpustakaan Fakultas Tarbiyah            
                                                            IAIN Raden Intan Lampung
      b)  Unsur Pelaksanaan Teknis        : Staf Perpustakaan








 2.5  Tenaga
Jumlah personil Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Bandar Lampung sampai dengan February 2013 berjumlah 2 orang. Dengan rincian sebagai berikut :
No    JENJANG JABATAN    JUMLAH
1.    Kepala Perpustakaan    1 Orang
2.    Staf Perpustakaan    1 Orang
.    jumlah    2 Orang

1.Bp,Suharto,S.Sos.I.,S.IPI    : Kepala Perpustakaan Fakultas Tarbiyah
                                                  IAIN Raden Intan Lampung
   NIP                                       : 19691220200012001
2.Bp. Naswan, S.I.Kom          : Staf Perpustakaan Fakultas Tarbiyah
                                                   IAIN Raden Intan Lampung
   NIP                                       : 19721125200711015

 2.6  Dana
Untuk dapat menyelenggarakan perpustakaan yang baik, perlu disediakan anggaran perpustakaan yang tetap sehingga segala perkembangan dapat diikuti. Keuangan yang memadai sangat penting dalam mengembangkan dan dan membina perpustakaan. Besar atau kecilnya dana perpustakaan, perlu ada perencanaan penggunaannya dengan tepat. Perpustakaan Fakultas IAIN Raden Intan Lampung memperoleh anggaran dari :
     a)  Dana rutin
     b) Dana Proyek Pusat IAIN Raden Intan Lampung





 2.7  Layanan
Dalam meningkatkan pelayanan Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Bandar Lampung, maka perlu adanya pembagian tugas. Tugas yang utama adalah bagian pelayanan. Bagaian layanan masih dibagi menjadi, layanan sirkulasi, layanan  skripsi, dan layanan referensi.
Untuk memudahkan pengguna perpustakaan dalam menelusur informasi,  Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung menyediakan sarana temu kembali informasi melalui pangkalan data secara  manual.

2.7.1 Pelayanan sirkulasi
Bagian ini menganut sistim terbuka, jadi pengguna bebas menelusuri bahan pustaka yang mau dipinjam.
1. Jika telah ditemukan catatlah nomor panggil
2. Telusuri jajaran rak koleksi sesuai dengan nomor panggil yang anda catat
3. Setelah buku ditemukan, periksa keutuhan buku yang akan dipinjam
4. Bawalah buku yang akan dipinjam ke meja layanan peminjaman
5. Tuliskan nama anda pada lembar slip kembali yang berada  pada  bagian   akhir
     buku
6. Serahkan buku dan kartu anggota kepada petugas untuk diproses
7. Terima kembali kartu anggota dan buku yang dipinjam
8. Periksa  tanggal  kembali, apakah  tanggal  yang  tercantum  dalam  slip  sudah
    benar
9. Sebelum meninggalkan ruangan sirkulasi, tunjukan buku kepada petugas sortir
    selain meminjamkan buku, bagian ini juga menyediakan ruang baca
    yang tenang dana reahotspot ,jadi pengguna bias membawal aptopnya
    kedalam ruangan. Bagian ini juga tempat pendaftarkan kartu anggota baru baik
    mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung maupun umum dan kartu bebas
    pinjam.




2.7.2 Pelayanan skripsi
Bagian ini menganut system terbuka, apabila mahasiswa menginkan isi dari skripsi maka di sini tersedia layanan fotocopy, jadi setelah membaca dan tertarik akan isi skripsi tersebut mahasiswa boleh memfotocopy dengan harga yang sesuai dengan jumlah harga yang telah di fotokopi.

2.7.3 Pelayanan referensi
Bagian ini menganut satu system, yakni terbuka. Dan terbuka untuk majalah.  apabila mahasiswa  menginginkan bahan referensi maka mahasiswa dapat mengambil di lemari bahan referensi tersebut.Dan hanya boleh di baca di ruang baca, dan tidak boleh di bawa pulang.

2.7.4 Pelanyanan dibagian cadangan
Kegiatannya adalah mahasiswa mengisi daftar hadir kemudian mencari bahan pustaka yang dibutuhkan. Bahan pustaka pada koleksi cadangan tidak dipinjamkan untuk dibawa pulang namun hanya boleh dibaca di tempat yang telah disediakan. Jika mahasiswa sangat memerlukannya maka dipersilahkan untuk di fotokopi.

2.8 Peraturan Perpustakaan
Tujuan dari peraturan perpustakaan adalah memberikan informasi kepada pengguna perpustakaan mengenai persyaratan, hak dan kewajiban pengguna/ anggota perpustakaan, serta ketentuan-ketentuan yang diberikan apabila seorang anggota melanggar peraturan. Berikut ini peraturan perpustakaan yang berlaku di Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan, adalah sebagai berikut:

2.8.1 Jam layanan untuk hari Senin - Kamis
Jam 07.30 -12.00    -Melayani peminjaman, pengembalian buku, pembuatan
                                      kartu anggota, fotokopi skripsi, dan menyediakan
                                      tempat bagi para  pembaca.
Jam 12.00 -13.00    -Istirahat.
Jam 13.00 -15.00    -Pengembalian buku untuk para pembaca dan tutup
                                 pelayanan.
Jam 15.00 -16.00    -Penyusunan dan perapian buku ke rak buku.

2.8.2 Jam layanan untuk hari Jum’at
Jam 07.30 -11.30    -Melayan peminjam, pengembalian buku, pembuatan kartu
                                 anggota, Foto kopi skripsi, dan menyediakan  tempat  bagi 
                                 para pembaca.
Jam 11.30 -13.00    -Istirahat.
Jam 13.00 -14.00    -Peminjaman atau pengembalian buku dan baca-baca buku.
Jam 14.00 -15.00    -Hanya untuk pengembalian buku.
Jam 15.00 -16.30    -Penyusunan dan perapian buku di rak.

2.8.3 Tata Tertib Perpustakaan Fakultas Tarbiyah
1. Menunjukkan kartu anggota sekaligus mengis daftar hadir denga  menggunakan
    kartu anggota
2. Di dalam ruangan  disediakan almari penitipan tas
3. Pada waktu keluar bersedia diperiksa oleh petugas

2.8.4 Sanksi Pelanggaran Anggota Perpustakaan Fakultas Tarbiyah
1. Keterlambatan pengembalian bahan pustaka dikenakan denda Rp.300/buku/hari
2. Menghilangkan bahan pustaka harus diganti dengan judul yang sama

.

BAB III
MASALAH DAN PEMECAHANNYA

3.1 Masalah
Secara umum pengelolaan Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung tak ada masalah karena telah dikelola oleh tenaga ahli perpustakaan yang telah mendapatkan gelar pendidikan yaitu S1 Ilmu Perpustakaan dan Informatika. Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung merupakan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang tiap tahun ajaran baru selalu ada wajah-wajah mahasiswa baru sebagai mahasiswa fakultas Tarbiyah. Di Fakultas Tarbiyah inilah yang paling banyak mahasiswanya bahkan diperkirakan mahasiswa Fakultas Tarbiyah adalah 80% dari seluruh mahasiswa yang ada di IAIN Raden Intan dan ini berarti pengunjung Perpustakaan Fakultas Tarbiyah adalah yang paling banyak disamping itu koleksi buku yang dimiliki juga sangat banyak sedangkan rak yang dimiliki hanya 10 untuk rak buku 3 rak untuk skripsi, 2 almari untuk buku referensi  kondisi ini dapat menimbulkan kendala dalam penyusunan buku di rak karena jumlah rak yang dimiliki sudah tidak mampu menampung buku buku dan skripsi yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa atau pengguna perpustakaan sehingga dalam penyusunan buku di rak terdapat dua lapis dan ini menyulitkan pengguna dalam memilih buku yang diinginkan. Kalau dilihat dari jumlah pengelola sangatlah minim karena hanya dikelola oleh dua orang disamping itu perpustakaan ini juga belum dilengkapi dengan komputer sehingga segala sesuatu dikerjakan secara manual. Dan kondisi inilah yang dapat membuat pekerjaan pengelolaan perpustakaan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menyelesaikan segala sesuatu pekerjaan, seperti dalam mengiventarisasi buku dari proyek dan dari hadiah mahasiswa dan juga dalam menyusun buku di rak. Kondisi tersebut terkadang terasa menjadi kendala dalam pelaksanaan pelayanan sirkulasi bahan pustaka. Meski demikian pengelola tetap berusaha semaksimal mungkin untuk dapat melayani pengguna perpustakaan.



3.2 Pemecahannya
Faktor – faktor yang menyebabkan timbulnya beberapa kendala atau permasalahan di Perpustakaan Fakultas Tarbiyah sudah jelas jadi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menekan atau meminimalkan faktor – faktor tersebut  diantaranya adalah dengan cara menambah tenaga pengelola, menambah rak buku dan juga melengkapi perpustakaan dengan komputer dengan demikian mudah – mudahan beberapa masalah mengenai pengolahan bahan pustaka dan mengenai layanan terhadap pengguna dapat diatasi.
























BAB IV
PENUTUP
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1 Kesimpulan
Setelah menyelesaikan Praktek Kerja Perpustakaan Penulis dapat menyimpulkan bahwa Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung merupakan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang dari tahun ketahun terus meningkatkan baik pelayanan maupun sarana dan prasarana. Ini merupakan usaha demi penyebaran informasi baik dikalangan mahasiswa Fakultas, maupun mahasiswa dari luar Universitas bahkan dari kalangan siswa dan masyarakat umum. Karena Perpustakaan ini dikelola oleh tenaga ahli dibidang perpustakaan yang telah memiliki gelar S1 Ilmu Perpustakaan dan Informatika.
Selama Praktek Kerja Perpustakaan di Perpustakaan Fakultas Tarbiyah ini banyak sekali ilmu atau pengetahuan tentang perpustakaan yang diperoleh para peserta PKP melalui bimbingan dari pengelola dan juga dengan praktek kerja langsung. Dan ini merupakan bekal yang sangat penting bagi semua peserta PKP karena ini adalah modal utama kelak jika menjadi pengelola perpustakaan.

4.2 Saran
Kesungguhan dan keseriusan dalam menyelesaikan pekerjaan adalah salah satu jalan kesuksesan, tak ada yang mudah tapi tak ada yang tak dapat dikerjakan. Dengan PKP banyak ilmu yang dapat diperoleh oleh peserta PKP, dengan PKP banyak pekerjaan perpustakaan dapat diselesaikan oleh karena itu keseriusan peserta PKP dan kesungguhan pembimbing PKP sangat dibutuhkan sehingga keberhasilan dapat tercapai bersama. Tak ada saran yang dapat disampaikan Penulis tapi dengan kesungguhan dalam menekuni sebuah pekerjaan insya Alloh akan berakhir dengan  keberhasilan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar